Tuesday, January 15, 2013

Penyimpanan Pakan dan Mimum Ayam Pelung

Penyimpanan

Penyimpanan Pakan Ayam Pelung - Artikel ini merupakan kanjutan dari artikel sebelumnya yang diberi judul Pakan Ayam Pelung, amat sangat direkomendasikan anda membaca artikel pertama tersebut sebelum membaca artikel lanjutan yang masih membahas kelanjutan dari artikel tersebut.

Setiap peternakan harus memiliki gudang penyimpanan ransum, terutama bagi peternakan yang berskala besar. Alasannya, karena peternak membeli ransum untuk jangka waktu tertentu, yaitu sekitar 2 s/d 3 minggu.Dalam menyimpan ransum peternak perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Tempat penyimpanan tidak lembab, cukup sinar matahari, dan cukup ventilasi untuk sirkulasi udara
  2. Sebaiknya bukusan karung ransum tidak langsung kontak dengan lantai penyimpanan, apalagi lantainya menggunakan semen yang dingin. Gunanya agar mencegah kelembapan yang berasal dari tanah.
  3. Gunakan pengganjal karung ransum tersebut dengan menggunakan kayu sehingga mempermudah pengambilan.
  4. Tempat penyimpanan harus dijaga dari binatang perusak terutama tikus. Untuk itu, tempat harus bersih dan dinding tidak berlubang.

Tempat Pakan dan Minum

Peralatan pakan dan minum sangatlah berfariasi, sehingga peternak harus menyesuaikan dengan kondisi aya mpelung dan sistem pemeliharaannya.

Tempat Pakan

Bahan tempat pakan sangatlah berfariasi di antaranya plastik, pipa pralon, seng, dan alumunium. Bentuk serta ukurannya pun berbeda-beda, terlebih bagus apabila peternak dapat membuatnya sendiri. Tem[at pakan yang umum ada diapsaran adalah.
Penyimpanan Pakan dan Mimum Ayam Pelung
Tempat pakan gantung atau otomat - Tempat pakan ini terbuat dari bahan seng atau plastik berbentuk bulat dan dalam. Ukurannya dapat disesuaikan dengan kondisi peternakan. Pemakaian tempat pakan ini harus digantung, sehingga cocok untuk kandang yang luas. 
Tempat Pakan berbentuk Kotak - Dibuat dari bahan tripleks, seng, alumunium, dan lainnya. Bentuknya kotak memanjang dengan sedikit fariasi seperti atap rumah disamping kanan dan kirinya, tujuannya agar mudah ketika ingin diambil dan ditempatkan pada kandang lainnya. 
Tempat Pakan berbentuk Silinder - Tempan pakan ini dibuat dari belahan bambu atau pipa peralon besar. Bentuk-bentuk seperti ini biasanya sering ditempatkan diluar kandang. Sehingga panjang tempat pakan ini disesuaikan dengan panjang kandangnya. Namun jenis ini juga sangat mungkin untuk ditempatkan didalam kandang, dengan sedikit memodifikasi bagian bawah dari tempat pakan ini diberi kaki sehingga tidak mudah terinjak-injak.

Tempat Minum

Bahan yang terbaik yang digunakan untuk tempat minum sebaiknya dipilih yang tidak mempengaruhi sifat air didalamnya. Karena petenak tidak hanya memberikan air putih saja. Sering kali peternak menambahkan larutan tertentu yang bertujuan untuk memperkuat tubuh atau sebagai obat. Bentuk tempat minum itu sendiri tidak banyak jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut.
Tempat minum gantung - Tempat minum jenis ini biasanya ditempatkan dengan cara digantung, namun terkadang kita tidak perlu menggantungnya hanya khusus untuk kandang yang berisi anakan saja dan tupun harus ditempatkan dibawah sehingga dapat terjangkau oleh anakan. tempat minum ini memiliki bentuk yang beragam dan terbuat dari bahan plastik. 
Tempat minum Bentuk Silinder - Bentuk silinder seperti ini mirip dengan tempat pakan, tempat minum seperti ini dapat di buat dengan pipa peralon atau menggunakan potongan bambu, sedangkan ukurannya dapat disesuaikan dengan dimana posisi tempat minum ini akan diletakan.
VIA : Penyimpanan Pakan dan Minum Ayam Pelung
Response on "Penyimpanan Pakan dan Mimum Ayam Pelung"

0 comments:

Post a Comment